Merti Desa

Kaligesing, 31 Maret 2018. Merti desa merupakan tradisi budaya yang mengandung maksud sebagai rasa syukur warga desa kepada yang maha kuasa atas rizki yang telah diberikan dan dijauhkan dari bencana.

Seperti halnya yang dilaksanakan tadi malam oleh warga masyarakat Desa Purbowono membuat tumpengan dan sekaligus melaksanakan pagelaran wayang semalam suntuk. Camat Kaligesing Bagas Adi Karyanto, S.Sos., MM yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan banyak terimakasih kepada semua warga masyarakat yang telah uri-uri budaya jawa, agar kelak anak cucu masih dapat melihat serta tahu bahwa merti desa merupakan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Dalam sambutannya Camat Kaligesing juga menyampaikan beberapa kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah, salah satunya pendataan anak-anak usia 0-18 bulan yang belum mempunyai akta kelahiran agar didata dan dilaporkan ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Selain itu warga masyarakat diharapkan juga ikut mengawasi dan mengawal program-program yang sedang dijalankan oleh pemerintah desa.

Camat Kaligesing juga menyampaikan terimakasih kepada Panitia yang telah mengangkat potensi wisata lokal Kaligesing dalam acara merti desa. Pada malam ini selain di Desa Purbowono juga terdapat 2 Desa lainnya yang melaksanakan kegiatan pertunjukan wayang semalam suntuk dengan Dalang Lokal dari Kaligesing dan 1 Desa Pementasan Kethoprak. Desa Purbowono dengan Dalang Ki Danang Apriyana dari Purbowono sendiri, Desa Ngaran dengan Dalang Ki Hadi Sutedjo dari Kaligono,  Desa Hulosobo dengan Dalang Ki Hadi Suparno dari Kaligono, Serta Pementasan Kethoprak oleh Sanggar Kethoprak Kaliharjo di Dusun Kedungrejo Kaliharjo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *