Ngudiraharjo Technology Terbentuk, Kaligesing Siap Menjadi Ujung Tombak POSYANTEK Desa di Kabupaten Purworejo

Kaligesing, Senin, 19 Maret 2018. Pembentukan POSYANTEK (Pos Pelayanan Teknologi) desa dikukuhkan. Dua desa di Kecamatan Kaligesing menjadi pilot project pembentukan POSYANTEK yaitu Kaliharjo dan Jelok. Hadir Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Sri Wahyuningsih pada acara tersebut.

Sekretaris Camat Kaligesing, Hariyono, S.Sos., MM dalam sambutan yang sekaligus membuka acara secara resmi mengatakan, bahwa pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) POSYANTEK akan difokuskan pada pertanian dan peternakan. Hariyono juga menambahkan bahwa penerapan TTG di Kecamatan Kaligesing relatif mudah, karena pengurus POSYANTEK kecamatan adalah para pelaku TTG yang sudah teruji.

Pengurus POSYANTEK Kaligesing terdiri dari 5 orang dari berbagai latar belakang usaha, diantaranya adalah Sutono Tlogoguwo ahli susu kambing, Marsiyem Somongari ahli ekstrak manggis, Iswahyudi Kaliharjo ahli gula semut, T. Sunaryo Hulosobo ahli pupuk organik. Sementara bertindak sebagai ketua POSYANTEK Kecamatan Kaligesing adalah Imam Prayodi Desa Jelok.

Pada kesempatan itu pula, dipaparkan skema pengembangan TTG  tingkat kecamatan oleh Sapto Pamungkas, M.Si., selaku Pendamping Desa. Harapannya bahwa skema pengembangan tersebut dapat diterapkan di 21 desa yang ada di Kecamatan Kaligesing dan menjadi produk unggulan selanjutnya setelah Duren, Manggis, Kambing Kaligesing dan Ayam Pedaging. Dipaparkan pula skema pendanaan pengembangan posyantek ditingkatan desa, dikarenakan POSYANTEK adalah amanah undang-undang desa dalam penerapan TTG, maka desa bisa menggunakan pos Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat, maupun Dana Bantuan Gubernur selain penggunaan bantuan untuk Rumah Tidak Layak Huni. (S. Mangrove)

Satu tanggapan pada “Ngudiraharjo Technology Terbentuk, Kaligesing Siap Menjadi Ujung Tombak POSYANTEK Desa di Kabupaten Purworejo”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *