Pelatihan Dasar Kepariwisataan Indonesia Bagi BUMDES, POKDARWIS dan DESWITA se-Kaligesing

Pengurus BUMDES, Pokdarwis dan Deswita se-Kaligesing mengikuti Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata pada Senin (12/3/2018) di Hotel Plaza Purworejo.

Acara yang dibuka oleh IR. Bambang Sutrisno DPR RI komisi 10, Kegiatan ini dilakukan demi memajukan sektor pariwisata dengan diiringi Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal.

Deputi Bidang Pengembangan industri Pariwisataan dan Hubungan Kelembagaan Kepariwisataan yang di wakili ASDEP Pengembangan Pariwisata dan Buatan Alexander Reyaan Mengatakan “Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepekaan terhadap kepariwisataan di daerah masing-masing. Pelatihan ini juga memberikan pengetahuan dasar kepariwisataan kepada lembaga pendidikan/ pelatihan, desa dan industri dalam pengembangan pariwisata”

“Purworejo yang memiliki destinasi wisata yang kompeten seperti alam dan seni budaya harus di perhatikan dan dikembangkan . Meningkatkan kemitraan pariwisata yang lain agar saling melengkapi dengan industri-industri yang ada” imbuhnya.

Direktur BUMDES Maju Jaya Abadi desa Tawangsari, Muhsin mengatakan, “Kami sangat beruntung bisa mengikuti pelatihan ini, makhlum kami adalah peternak dan pedagang yang terbiasa ngarit sekarang dapat kesempatan ikut pelatihan sekelas KEMENPAR”. Muhsin menambahkan, ”Saya juga membawa susu kambing murni hasil ternak desa Tawangsari dan sudah saya bagikan kepada seluruh pembicara”.

Lain lagi dengan Imam Prayodi, Direktur BUMDES Jambe Mule desa Jelok, yang menilai pelatihan ini bagus tapi tidak didukung oleh sarana prasarana ruangan hotel yang kurang memadahi di Purworejo “Pelatihannya bagus mas, Miss Tourism Indonesia saja bersedia hadir, tapi ruanganya panas sekali jadi tidak representatif”. Imbuhnya memang Purworejo perlu berbenah dalam insfrastruktur pendukung pariwisata, seperti hotel, rumah makan dan sebagainya. (S.Mangrove)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *